Rabu, 04 Juli 2012

TIK, Apa itu hardware (perangkat keras)

TIK, Apa itu hardware (perangkat keras)
Hardware (perangkat keras) merupakan perangkat-perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat. Perangkat keras yang terdapat dalam sebuah komputer terdiri dari:
1. Control Procesing Unit (CPU)
CPU atau sering juga disebut microprosesor (prosesor) merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer atau pusat pengotrol sistem operasi dan program aplikasi. Kecepatan kinerja sebuah CPU diukur dengan satuan hertz. Contoh jenis CPU saat ini adalah Pentium dan AMD.
2. Memori
Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosesor. Informasi tersebut dapat  berbentuk perintah-perintah maupun data-data. Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal yang disebut dengan RAM (Random Acces Memory) dan memori eksternal yang disebut dengan ROM (Read Only Memory).
3. Media penyimpanan
Komputer mempunyai media penyimpanan tetap dengan berbagai sifat, kelebihan dan kekurangan yaitu dari segi kapasitas penyimpanannya. Media penyimpanan yang dimiliki oleh sebuah komputer antara lain:
  • hardisk, merupakan media penyimpanan dengan kapasitas paling besar bahkan sampai 400 gigabyte
  • disket sering juga disebut 31/2 floopy hanya mampu menyimpan 1,4 MB
  • Flash Drive, merupakan media penyimpanan yang dapat dipindah-pindah dengan kapasitas penyimpanan yang bervariasi 1GB, 2GB, 4GB, 8GB
  • CD Room, dapat menyimpan data sampai dengan 700 megabyte. Namun akses untuk membaca data relatif lambat.
  • CD-R, dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 MB namun data yang disimpan tidak bisa dihapus
  • CD-RW, merupakan versi lain dari CD-R yang dilengkapi dengan kemampuan untuk dibaca dan ditulis
4. Motherboard
Merupakanperangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat lain seperti prosesor, memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Setiap perangkat memiliki slot tersendiri yang memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard
5. VGA card, merupakan peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar
6. Sound Card, merupakan peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar