Jumat, 20 Juli 2012

Niat Puasa (sahur) dan do'a berbuka puasa

Niat Puasa (sahur) dan do'a berbuka puasa
Innamal a'malu binniyaat... Sesungguhnya setiap amalan tergantung dari niatnya. Semual amal yang kita lakukan sebaiknya dibarengi dengan niat yang tulus karena Allah SWT. Niat dalam berbuat amal ada yang dilafadzkan dan ada yang diniatkan dengan hati. Begitu juga ketika kita melakukan amalan sebulan dalam setahun yaitu ibadah puasa. Niat puasa biasanya dilakukan ketika sahur. Berikut niat puasa dalam bahasa Arab dan terjemahannya:

Nawaitu shauma godhin ‘an adaai fardli syahri ramadlaani haadzihis sanati lillahi ta’aalaa
Artinya : Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini kerana Allah Taala

Selanjutnya berikut do'a berbuka puasa:
اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ‘alaa rizqika afthartu birahmatika ya arhamarrohimin
Artinya : “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih “
Demikian niat dan do'a puasa yang bisa kita lafadzkan di bulan ramadhan ini, semoga kita dapat meraih rahmat dan magfirah-Nya. Amin......
Baca juga artikel lainnya berikut:
10 keistimewaan orang yang berpuasa
Info tes CPNS 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar