Senin, 02 Juli 2012

Contoh PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Contoh PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Anda seorang guru atau yang disebut dengan pahlawan tanda jasa atau anda calon pendidik atau pemerhati pendidikan? Jika ya, maka tentu anda akan dihadapkan dengan suatu penelitian untuk mengetahui bagaiman peningkatan prestasi belajar siswa anda yang sering dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian yang dilakukan didalam kelas melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja guru, sehingga respon dan hasil belajar siswa menjadi meningkat (Wardani, 2004).
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam suatu siklus yang dilaksanakan sesuai dengan skenario yang telah dibuat dan terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi.
Bagaimana penerapan tahap-tahap atau siklus-siklus PTK tersebut? berikut ini saya sajikan contoh penelitian tindakan kelas mata pelajaran IPA Biologi tentang pembelajaran menarik dengan tutor sebaya dengan mengklik Disini Download Contoh PTK. Contoh PTK tersebut juga dilengkapi dengan contoh-contoh soal IPA. Semoga bermanfaat!






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar