Selasa, 10 Juli 2012

Tips jitu mencegah mabuk perjalanan

Tips jitu mencegah mabuk perjalanan
Alangkah sengsaranya ketika melakoni perjalanan jauh, perut menjadi mual, kepala pusing tujuh keliling, dan akhirnya muntah-muntah sepanjang jalan. Ketika mengalami semua ini anda sedang terserang mabuk perjalanan. Hal ini terjadi pada sebagian orang di dunia ini. Apalagi ketika melewati jalan yang berbelok-belok, lautan dengan gelombang dan goncangan hebat. Lalu apa penyebabnya ? Sampai saat ini belum diketahui mengapa seseorang rentan mengalami mabuk perjalanan, sementara orang lain tidak. Bahkan, orang yang sama tidak selalu mengalami mabuk perjalanan di setiap kesempatan berkendara. Para ahli meyakini bahwa mabuk perjalanan terjadi ketika otak kewalahan oleh pesan-pesan berlawanan yang diterimanya dari sistem saraf. Otak mengindera sebuah gerakan melalui tiga jalur yang berbeda dari sistem saraf, yang mengirim sinyal-sinyal yang datang dari telinga bagian dalam, mata, dan jaringan bagian dalam permukaan tubuh (proprioceptor). Ketika tubuh bergerak dengan sengaja, masukan-masukan dari ketiga jalur itu terkoordinasi dengan baik. Ketika tubuh bergerak tanpa sengaja, misalnya ketika terjadi goncangan di dalam kendaraan yang kita naiki, otak tidak mendapatkan masukan-masukan yang terkoordinasi sehingga menjadi kacau. Gejala pertama biasanya adalah keringat dingin dan kepala seperti melayang. Tergantung tingkat keparahannya, gejala lain seperti mual, muntah-muntah dan kelelahan mungkin menyusul.
Ya, Jika anda salah satu yang sering mengalami mabuk perjalanan, maka jangan kapok untuk melakukan perjalanan jauh. Bagaimana caranya? Berikut tips untuk mencegah mabuk perjalanan:
1. Makanlah sebelum melakukan perjalanan
Sebelum melakukan perjalanan usahakan agar perut anda tidak kosong alias anda harus makan terlebih dahulu, tetapi jangan sampai makan kekenyangan dan hindari makan makanan yang berat seprti makan pedas atau yang beraroma berat karena hal-hal tersebut akan mengundang perut anda menjadi mual-mual.
2. Sebelum berangkat, usahakan minum obat anti mabuk perjalanan
3. Duduklah di tempat yang stabil dan memiliki fentilasi udara yang cukup
Biasanya pilihlah tempat di dekat jendela, bukalah kaca jendela mobil jika anda memakai mobil atau bus dan hindari duduk di bangku paling belakang untuk mengurangi guncangan kendaraan.
4. Hindari bau-bau atau aroma yang tak sedap, bila perlu gunakan masker
5. Kunyahlah permen jahe atau mint untuk membantu otak mengurangi pengaruh aroma tak sedap
6. Agar anda rileks, dengarlah lagu yang slow kesukaan anda kalau bisa yang mampu membuat anda sampai tertidur.
7. Nikmati pemandangan perjalanan sehingga membuat anda menjadi enjoy dalam perjalanan
8. Jangan membaca saat perjalanan jauh yang akan membuat anda merasa bosan. Tapi jika anda membaca sesuatu yang menyenangkan, misalnya keunikan serangga seperti serangga belalang sembah yang unik, atau hewan lain yang memberikan pemandangan gambar-gambar yang membuat mata menjadi ijo, that's okey!
Selamat mencoba! enjoy your traveling

Baca juga tips lain dengan langsung mengklik kalimat berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar