Rabu, 04 Juli 2012

TIK, Apa perbedaan sistem operasi dan program aplikasi

TIK, Apa perbedaan sistem operasi dan program aplikasi
TIK, sistem operasi dan program aplikasi merupakan dua jenis perangkat lunak (software) yang satu sama lain saling berpengaruh. Lalu apa beda antara keduanya?
Sistem operasi adalah program komputer yang digunakan untuk mengorganisai pengguna komputer atau laptop yang akan digunakan digunakan sebagai perangkat dasar untuk menjalankan sebuah komputer. Adapun beberapa sistem operasi yang beredar di pasaran antara lain:
  • DOS, singkatan dari Disk Operating Sistem. Ada beberapa versi sistem DOS, yaitu DOS buatan Microsoft, PC DOS buatan IBM dan DR DOS buatan digital Research. Ketiganya mempuyai kemampuan yang sama dan cara penggunaannya
  • OS/2, sistem ini dibuat oleh IBM. Semula ditujukan untuk pemakai komputer yang dibuat sendiri, tetapi kini mulai dipasarkan bagi pemakai yang ingin menggunakan operasi ini.
  • Windows NT, merupakakan sistem operasi yang dikembangkan lebih lanjut dari Microsoft Windows. Windows sebenarnya hanya berupa program buntu saja karena windows ini tidak bekrja tanpa DOS. Untuk mengurangi ketergantungan ini lalu Microsoft mengembangkan Windows yang sistem operasi berdiri sendiri, yang disebut dengan Windows NT
  • Unix, yaitu sistem operasi yang banyak digunakan di komputer mini dan mainframe. namun kini juga digunakan untuk komputer PC (baik IBM maupun Macintosh). Sistem ini ditujukan untuk komputer jaringan.
Sedangkan program aplikasi adalah program yang dibuat oleh programer secara massal tentang satu program khusus untuk dapat dioperasikan. Biasanya dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft Corp dan sebagainya. Misalnya: Program pengolahan kata, program presentasi, Musik, multimedia, virus dan antivirus.

Anda ingin tahu tips kesehatan terbaru dan terlengkap? Baca referensinya disini:
perawatan kulit cantik alami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar