Selasa, 17 Juli 2012

Cantik ala Islam

Cantik ala Islam
Aisyah, sebutlah itu namanya. Dia tak terlalu cantik, tapi menarik dan enak dipandangmata. Kehadirannya dapat mencairkan suasana, sejuk, ramah, dan santun. Semua orang menyayanginya. Kenapa demikian? Karena Aisyah memiliki inner beauty (kecantikan dari dalam).
Inner beauty tidak hanya dimiliki oleh wanita, tapi juga dimiliki oleh pria. Bukan beraarti pria itu berubah parasnya jadi cantik. Tetapi ia mempunyai daya tarik tersendiri. Rasulullah saw adalah contohnya. Pandangan beliau demikian sejuk, begitu berwibawa. Bukan karena kekuasaannya tapi karena sikap dan perkataannya.
Inner beauty dapat diartikan dari dalam (yang sifatnya batiniah) atau/inti/pusat kecantikan.
Kecantikan merupakan hal yang sangat didamba-dambakan oleh kaum wanita. Mereka rela mengeluarkan uang banyak untuk ke salon, membeli obat pelangsing, dan produk kcantikan lainnya. Menjadi cantik tentu boleh-boleh saja, tapi tidak menjadi korban dan mengorbankan orang lain. Karena kecantikan menurut Islam ada dalam jiwa. Lalu bagaimana cara memperoleh cantik lahir maupun bathin (cantik luar dalam)? Berikut tipsnya untuk anda:

Menegakkan shalat
Shalat adalah kebutuhan manusia, bukan kebutuhan Allah SWT,. Dengan menegakkan shalat secara khusyu', jiwa menjadi tentram dan damai. Akhirnya terpancar wajah yang teduh dan sejuk. Rasulullah saw bersabda."Wahai Bilal, jadikanlah shalat sebagai tempat istirahatmu".
Gerakkan shalat mengandung unsur relaksasi yang dapat mengendurkan syaraf dan otot jika dilakukan dengan benar.

Berwudhu
Membasuh wajah berkali-kali secara perlahan dapat menghilangkan ketegangan di wajah. Membersihkan wajah dapat membuatnya selalu segar sehingga memperlancar peredaran darah. Smedley, seorang ahli terapi air, mengatakan bahwa mandi tangan dan siku ini sangat bermnfaat untuk mengatasi kondisi pembengkakan di daerah tangan, lengan, dan bahu, disamping akan memulihkan fisik yang kelelahan.

Berdo'a ketika bercermin dan berpakaian
do'anya ketika bercermin:
  • "Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pulalah akhlakku (Riwayat Ahmad)
do'a ketika berpakaian:
  • "Ya Allah bagi-Mu segala puji, Engkaulah yang telah memberi pakaian ini kepadaku. Aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini, dan dari kebaikan sesuatu yang ada padanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan pakaian ini, dan dari kejelekkan sesuatu yang ada padanya". (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Al-Baghawi).
Shalat Tahajjud
Prof. Dr. Moh Sholeh, ahli psiko-neuroimunolog, dalam penelitiannya tentang shalat tahajjud menyimpulkan bahwa shalat tahajjud memiliki banyak hikmah. Diantaranya menghiangkan perasaan pesimis, rendah diri, dan kurang berbobot, berganti dengan sikap terlalu optimis, penuh percaya diri, dan pemberani tanpa disertai sifat sombong, dan takabur.

Gemar membaca Al-Qur'an
Suatu ketika datanglah sahabat Rasulullah yang bernama Ibnu Mas'ud ra meminta nasihat katanya, "Wahai Ibnu Mas'ud, berilah nasihat yang dapat kujadikan obat bagi jiwaku yang sedang gelisah". Ibnu Mas'ud menasehatinya, "Kalau penyakit itu menimpamu maka bawalah hatimu mengunjungi tiga tempat, yaitu tempat orang yang membaca Al-Qu'an, engkau membaca Al-Qur'an, atau engkau dengar baik-baik orang yang membacanya."
Sebuah hasil penelitian di Florida, Amerika Serikat, menyatakan bahw terjadi perubahan fisiologis yang besar, baik bagi orang yang bisa berbahasa Arab atau yang tidak, setelah mendengar bacaan Al-Qur'an. Perubahan itu adalah penurunan depresi, kesedihan, bahkan dapat mempereoleh ketenangan serta menolak berbagai penyakit. Dengan demikian wajah seseorang yang membaca Al-Qur'an akan tampak lebih cerah dan ceria.

Tersenyumlah
Sedekah yang paling mudah dan murah adalah tersenyum. Rasulullah saw bersabda,"Dan jika engkau tersenyum di hadapan wajah saudaramu, maka itu adalah bentuk sedekah."

(sumber: Hidayatullah)
Bagaimana sobat! rasanya kita semua bisa tampil cantik, tampil cantik luar dalam ala Islam. Mari mencoba!

Baca juga artikel menarik laiinya berikut:
cara menangkal hipnotis
kenapa harus berbuka dengan kurma?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar