Sabtu, 14 Juli 2012

Tips dan trik jitu menghadapi tes wawancara

Tips dan trik jitu menghadapi tes wawancara
Salah satu tahap yang harus dilewati atau dilalui oleh seorang pelamar atau pencari kerja dari sederetan tes yang diadakan oleh perusahaan atau instansi yang membuka lowongan kerja adalah tes wawancara. Tes wawancara biasanya diadakan sebelum atau sesudah pelamar mengikuti tahapan seleksi. Tujuan diadakan wawancara adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi, pengetahuan, dan keinginan pelamar dan bekerja. Tes wawancara ini sangat menentukan dalam penerimaan karyawan di suatu perusahaan. Sebaiknya pelamar mempersiapkan diri untuk menghadapi tes wawancara ini. Bagaimana caranya! Berikut tips dan trknya untuk anda:
  1. Penampilan pertama sangat penting dalam menghadapi wawancara. Oleh karena itu pakailah baju yang bersih dan rapi. Jika memang ada pakailah wangi-wangian tetapi jangan terlalu berlebihan. Riasan wajah jangan sampai terlalu menor atau kelihatan "genit", usahakan memakai konsep Make up natural. Perhatikan sikap anda, jangan menimbulkan kesan yang tidak baik.
  2. Bacalah buku-buku yang menunjang kerja agar ketika ditanya mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan kerja, setidaknya kita mengetahui. Semakin luas wawasan kita semakin besar peluang untuk lolos tes wawancara.
  3. Usahakan untuk berbicara secukupnya sesuai dengan  yang diajukan oleh pewawancara. Akan tetapi bukan berarti anda akan berbicara bila hanya ditanya. Hal seperti ini memberikan kesan pelamar tidak mempunyai antusias terhadap pekerjaan tersebut. Juga memperlihatkan Anda kurang wawasan tentang pekerjaan yang anda lamar. Hindari membicarakan ha-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.
  4. Untuk masalah gaji, sebaiknya pelamar tidak menyebutkan besarnya gaji. Kecuali bila memang diminta untuk menyebutkan besarnya gaji. Kalau kita lihat untuk masalah gaji, sepertinya masalah yang sepele, akan tetapi kekeliruan menyebutkan gaji akan berakibat sangat fatal. Karena pihak perusahaan akan melihat pantaskah anda digaji sesuai dengan yang anda minta.
  5. Sebelum masuk ruangan, ketuklah pintu terlebih dahulu jangan masuk ruangan sebelum dipersilahkan untuk masuk. Duduklah ketika sudah dipersilahkan duduk. Bersikaplah sopan pada saat duduk dan pada saat wawancara. Hilangkan perasaan grogi pada saat wawancara karena suara terbata-bata akan mengganggu proses wawancara. Tumbuhkan kepercayaan diri saat menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Jika anda ingin menjawab pertanyaan berdasarkan pendapat anda sampaikanlah kepada pewawancara bahwa jawaban yang anda sampaikan berdasarkan pendapat pribadi.
  6. Setelah selesai berusahalah untuk berjabat tangan dan ucapkan terimaksih kepada pewawancara. Bersikaplah tenang dan jangan terburu-buru saat keluar ruangan.
  Demikian tips dan trik yang bisa anda lakukan untuk menghadapi tes wawancara. Selamat mencoba!

Ramadhan sebentar lagi tiba, mari sambut dengan suka cita, bagaimana caranya! baca artikel berikut:
Cara Rasulullah saw menyambut Ramadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar