Jumat, 20 Juli 2012

Tips agar tetap fresh dan bugar saat berpuasa

Tips agar tetap fresh dan bugar saat berpuasa
Berpuasa bukan berarti anda loyo, lemah, letih lesu, dan tak bersemangat untuk beraktivitas. Apa lagi jika anda adalah pekerja yang tidak libur di bulan Ramadhan, tentu harus tetap semangat mencari nafkah yang juga merupakan ibadah. Kita harus tetap fresh agar siap menjemput rahmat-Nya di bulan yang penuh rahmat ini. Apa yang harus kita lakukan agar tetap fresh saat berpuasa? Kunci agar tetap fresh saat berpuasa adalah ketika melakukan sahur. Berikut tips sahur agar tetap fresh berpuasa :1. Agar bertahan lama, dekatkanlah waktu sahur dengan imsak.
2. Pastikan menu sahur Anda cukup lengkap, yaitu nasi, lauk, dan sayur. Untuk menambah tenaga. terutama bila aktifitas Anda sangat padat. boleh-boleh saja mengonsumsi suplemen.

3. Lengkapi menu sahur Anda sekeluarga dengan segelas susu atau teh manis. Tapi, khusus untuk teh manis, batasi jumlahnya. Terlalu banyak teh manis akan membuat Anda leibh sering buang air kecil. Jangan lupa Minum air putih dalam jumlah yang cukup saat sahur.
4. Pilihlah makanan-makanan yang bertahan lama dilambung agar asupan energi selama berpuasa bisa terpenuhi. Untuk itu, perbanyaklah sayuran dan makanan-makanan kaya karbohidrat seprti kacang-kacangan yang bisa mengikat air yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.
5. Kurangi yang manis-manis. Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal kita harus menahan puasa selama 14 jam jadi akan ada waktu 12 jam kondisi tubuh akan lemas.
6. Untuk menambah nafsu makan, hangatkan hidangan sebelum disantap. atau bila sempat, hidangkan makanan yang baru dimasak.
7. Walau makanan yang dimakan pada saat sahur merupakan sumber energi saat berpuasa, bukan berarti porsinya harus banyak. Asal jumlah nya cukup, Anda tidak akan kelaparan selama berpuasa.
8. Hindari makanan yang berbumbu terlalu menyengat atau pedas.
9. Untuk makan sahur, yang dibutuhkan adalah 40 persen dari kebutuhan sehari dengan menu lengkap berupa nasi, lauk-pauk, sayur buah dan ditambah susu. Demikian pula disaat sesudah shalat tarawih.
10. Agar Anda mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.
11. Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, sebaiknya Anda juga menyediakan jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari.
12. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Tapi kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.
13. Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.
14. Bagi mereka yang berusia lanjut, aturlah pola makan saat berbuka puasa juga secara bertahap. Makanlah jumlah yang lebih sedikit, namun dilakukan beberapa kali.
15. Bagi mereka yang berat badannya melebihi berat badan ideal, sebaiknya selama berpuasa pun tetap menghindari makanan yang tinggi kolesterolnya, misalnya lemak hewan, margarin, mentega. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang manis-manis, seperti dodol, sirup, cokelat, kue tar, es krim. “Selain lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah, dan daging tanpa lemak, pengolahan makanannya pun sebaiknya jangan digoreng.”
16. Sedang bagi mereka yang terlalu kurus, selama berpuasa sebaiknya menambah porsi susunya dan menghindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar (daun singkong, daun pepaya). Jangan terlalu banyak minum teh saat sahur. Teh memaksa kita sering buang air kecil, dan akan membuang banyak mineral alami tubuh yang dibutuhkan tubuh kita saat berpuasa. Sedangkan minum kopi ketika sahur sebaiknya dihindari karena kopi seperti juga soft drinks adalah diuretic yang bukannya memberikan air untuk tubuh tapi malah menghabiskannya. Ini karena pemrosesan gula tingkat tinggi memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh.

17. Jangan lupa niatkan ikhlas karena Allah, karena keikhlasan karena Allah akan memberikan semangat yang sangat berlebih dalam seluruh aktivitas anda. Plus baca niat puasanya ya! (klo lupa bacaannya silakan klis saja "disini")










Baca juga artikel Ramadhan menarik berikut:

Keistimewaan orang yang berpuasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar