Minggu, 26 Agustus 2012

Zat makanan yang penting bagi tubuh

Zat makanan yang penting bagi tubuh
Manusia hidup membutuhkan makanan, makanan yang masuk kedalam tubuh dicerna dan diubah menjadi energi untuk melakukan aktivitas. Namun tidak semua makanan yang masuk berguna bagi tubuh manusia, setelah makanan dicerna oleh manusia dan diserap oleh sel tubuh, terdapat zat-zat sisa metaboslime yang dibuang.Ada beberapa zat makanan yang penting bagi aktivitas tubuh yaitu:
1. Karbohidrat
Sumber karbohidrat antara lain beras, jagung, gandum, kentang, ubi-ubian, buah-buahan, dan madu. Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Tubuh manusia menyimpan karbohidrat di organ hati dan otot. Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan busung lapar (kwarsiorkor).
2. Protein
Protein antara lain didapat dari hewan: daging, susu, ikan, telur, dan keju. Sedangkan protein dari tumbuhan didapat dari biji-bijian. Fungsi utama protein adalah sebagai komponen struktural dan fungsional. Fungsi struktural berhubungan dengan fungsi pembangun tubuh, pengganti sel-sel yang rusak. Sebagai komponen fungsional berkaitan dengan fungsinya sebagai komponen enzim yang mengkatalisasi proses-proses biokimia sel.
3. Lemak
Sumber lemak hewani antara lain: lemak daging, mentega, susu, ikan basah, telur, minyak ikan, sedangkan sumber lemak nabati adalah: kelapa, kemiri, kacangkacangan, alpukat, dan lain-lain. Lemak berfungsi sebagai
sumber dan cadangan energi. Lemak disimpan di jaringan bawah kulit.
4. Vitamin
Vitamin dapat berfungsi sebagai ko-enzim, yaitu suatu zat yang memacu bekerjanya suatu enzim. Terdapat dua kelompok vitamin, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan tidak larut dalam lemak. Vitamin larut dalam lemak mempunyai sifat dapat disimpan. Bila jumlah yang tersedia lebih banyak dari yang diperlukan tubuh, akan disimpan di dalam lemak dalam waktu yang cukup lama. Berbeda dengan vitamin yang tidak larut dalam lemak, bila masukan vitamin melebihi jumlah yang diperlukan oleh tubuh, kelebihannya akan dibuang ke luar tubuh.Makanan mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuhmu.Kekurangan vitamin akan menyebabkan defisiensi (avitaminosis),contoh:
a. kekurangan vitamin A, menderita rabun senja
b. kekurangan vitamin B1, menderita beri-beri
c. kekurangan vitamin B12, menderita anemia
d. kekurangan vitamin C, menderita skorbut
e. kekurangan vitamin D, menderita rachitis
f. kekurangan vitamin K, darah sukar membeku
g. kekurangan vitamin E, menderita infertil (organ kelamin tidak subur).
5. Garam mineral
Garam mineral dibutuhkan secara sendiri-sendiri maupun kelompok. Masing-masing mempunyai peranan tertentu di dalam tubuh. Beberapa contoh penyakit kekurangan mineral antara lain:
a. Kekurangan Ca (kalsium): darah sukar membeku,
kejang otot, gangguan penulangan.
b. Kekurangan Fe (zat besi) : menderita anemia
c. Kekurangan I (iodium) : menderita gondok.
6.  Air
Penyusun terbanyak tubuhmu adalah air. Air
berperan dalam berbagai proses dalam tubuh, baik
proses pencernaan maupun dalam reaksi-reaksi
kimia. Air merupakan pelarut yang baik. Oksigen
dan nutrien-nutrien dalam makanan tidak dapat
memasuki sel-sel tanpa air. Air juga berperan
dalam pengaturan suhu tubuh.
 7.  ASI
Pentingnya ASI sebagai makanan pertama bayi. Air susu ibu (ASI) telah mengandung nutrisi lengkap yang sesuai dengan kebutuhan bayi. ASI adalah sumber makanan dengan kandungan gizi optimal dan ideal bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI berfungsi pula membersihkan sistem pencernaan pertama kali pada bayi. Bayi membutuhkan energi 98-108 Kkal/Kg Berat Badan/Hari, suatu jumlah yang setara dengan 2-4 kali kebutuhan orang dewasa.
Zat-zat makanan di atas akan diserap oleh sel tubuh manusia dalam ukuran sari-sari makanan yang sangat kecil. Selanjutnya sel-sel akan mempergunakannya untuk aktivitas tubuh. Anda ingin tahu banyak tentang sel? Berikut artikel tentang sel yang  dapat anda baca sebagai refereni anda:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar