Selasa, 21 Agustus 2012

Apakah ngidam itu

Apakah ngidam itu
Pernakah istri anda meminta sesuatu disaat mereka hamil. Bahkan sesuatu yang dibilang aneh yang mereka sebut permintaan si jabang bayi ? Ya itu lah yang sering disebut dengan ngidam. Seorang ibu hamil (bumil) kadang membuat orang-orang di sekitarnya terheran-heran. Ternyata, ada alasan tertentu bumil ngidam yang aneh-aneh. Ngidam berarti menginginkan sesuatu yang harus dituruti ketika kandungan berusia di bawah lima bulan. Apapun keinginan tersebut harus dikabulkan oleh sang suami. Tak perduli apa dan kapan keinginan tersebut diminta. Baik siang maupun malam hari, keinginan akan sesuatu harus dituruti. Tak heran butuh pengorbanan dan kesabaran untuk memenuhinya.
Ingin konsumsi makanan yang tak biasa atau ingin melakukan suatu hal yang kurang lazim adalah beberapa kejadian wajar yang dialami bumil ketika ngidam. Misalnya, ingin makan duren di tengah malam, ingin mengelus kepala yang botak, atau selalu ingin konsumsi makanan asam. Semua dianggap wajar jika bumil sedang ngidam. Apakah Anda merasakan hal yang sama?
Ada kepercayaan dalam masyarakat kita bahwa apabila keinginan sang ibu yang hamil tidak dipenuhi, maka si anak akan ileran kelak.  Hal inilah yang mendasari perlakuan akan ngidam begitu besar. Sehingga memenuhi keinginan ibu hamil yang ngidam seolah menjadi kewajiban. Selain kekhawatiran bahwa kelak anak yang dilahirkan tidak normal, bila keinginan sang ibu tidak terpenuhi.
Ngidam atau dalam bahasa medis disebut pica, terbagi atas dua macam. Ngidam secara fisik maupun psikologis. Demikian yang dituturkan Dr Handrawan Nadesul, konsultan sekaligus penulis buku kesehatan.
Ngidam secara fisik mencerminkan tubuh membutuhkan asupan nutrisi tertentu. Karena itu, ibu hamil berkewajiban memenuhi secara sempurna zat gizi yang dibutuhkan tubuh."Secara naluriah tubuh akan mencari zat-zat yang dibutuhkan. Kalau kurang kalsium misalnya, otomatis gigi ibu akan menjadi keropos karena terdapat kapur untuk memenuhi kebutuhan kalsium," jelasnya."Ada juga ngidam yang terlihat aneh. Misalnya, ada ibu yang ngidam jadi suka makan tanah, hal itu terjadi secara naluriah dari tubuhnya. Karena dalam tanah mengandung banyak mineral, zat besi dan magnesium. Zat-zat yang banyak dibutuhkan seorang ibu hamil. Hal ini banyak terjadi di Afrika yang daerahnya gersang, kurang pasokan air," paparnya.Berbeda cerita dengan ngidam secara psikologis."Ngidam piskologis itu maunya aneh, senangnya merepotkan. Lagi enggak musim duren, maunya makan duren, malam-malam lagi. Ibu hamil akan merasa seneng dan puas jika melihat suaminya bersusah payah memenuhinya. Ini biasanya karena ingin lebih banyak diperhatikan. Bisa jadi karena sebelumnya merasa kurang diperhatikan suami," ungkapnya.Sedangkan suami yang ikut-ikutan ngidam, dikatakan Handrawan lebih karena kesensitifan terhadap sebuah mitos."Kalau suami yang ngidam itu karena suami menjadi sensitif. Kan ada mitos yang bilang kalau ingin sesuatu tapi tidak terpenuhi, maka nanti sang anak lahir akan terus- menerus ngeces. Padahal tidak sama sekali," tandasnya.
Ada beberapa alasan/penyebab ngidam pada ibu hamil

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. termasuk tanda-tanda bahaya kehamilan. Apa saja tandanya? Anda dapat membacanya di artikel-artikel kesehatan ibu dan anak berikut:
Tanda-tanda bahaya kehamilan
Cara merawat bayi baru lahir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar