Kamis, 23 Agustus 2012

Perangkat input komputer

Perangkat input komputer
Perangkat input adalah perangkat komputer yang kita gunakan untuk memasukkan perintah dan data-data yang akan diproses oleh program komputer. Dengan semakin berkembagnya teknologi informasi, maka semakin banyak peralatan input dapat kita hubungkan ke komputer
1. Keyboard
Keyboard adalah seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. Msing-masing tombol mempunyai fungsi-fungsi tertentu. fungsi-fungsi tombol tersebut dapat anda baca dengan mengklik disini.
2. Mouse
Sejak diperkenalkan komputer dengan tampilan grafis, mouse menjadi peralatan yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah komputer. Mouse digunakan untuk menjelajahi program, memilih perintah, dan menjalankan sebuah perintah. Mouse mempunyai sebuah printer yang akan bergerak sesuai dengan gerakan bola kecil yang terdapat di mouse. Jia kita menggerakkan bola kecil tersebut dalam arah horizontal. Demikian juga jika kita menggerakkn mouse dalam arah vertikal, maka pointer mouse akan bergerak dalam arah vertikal. Di bagian depan mouse ada dua tobmbol yang sering disebut tombol kanan dan kiri yang digunakan dengan cara menekan atau klik. Selain itu dibagian tengah juga terdapat scroll yang digunakan untuk menggeser tampilan layar.
3. Touchpad, pointing stick, dan trackball
Touchpad, pointing stick, dan trackball merupakan peralatan input yang mempunyai fungsi yang sama dengan mouse. Peralatan tersebut digunakan sebagai mouse di laptop atau notebook
4.  Joystick
Adalah peralatan yang digunakan untuk menjalankan program game di komputer.
5.  Modem dan LAN Card
Digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet. Modem berfungsi untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal digital yang dapat dimengerti oleh komputer dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara agar dapat dilewatkan melalui kabel telepon.
LAN Card dipasang di komputer yang terhubung dalam sebuh komputer yang memungkinkan sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer yang lain.
6.  Scanner
Digunakan untuk menangkap atau menyalin gambar yang ada di kertas sehingga dapat kita masukkan ke dalam komputer sebagai data.

Baca juga info lain tentang teknologi informatika berikut:
cara mencari file dengan fasilitas search
tips mengetik 10 jari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar