Rabu, 15 Agustus 2012

Bahaya MSG (Monosodium glutamat)

Bahaya MSG (Monosodium glutamat)
Anda sedang bersiap untuk membuat kue untuk lebaran? Anda tentu saja menggunakan bumbu untuk menambahkan rasa gurih pada kue anda salah satunya dengan menggunakan vetsin. Siapa yang tidak kenal dengan vetsin bumbu penghasil rasa gurih yang dibuat secara kimiawi dengan bahan utama Monosodium glutamat.  Ya, penggunaan MSG sebagai penyedap rasa memunculkan kontroversi dalam masyarakat karena adanya bahaya atau efek samping penggunaan zat ini. Monosodium glutamat, juga dikenal sebagai sodium glutamat atau MSG, merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alam. Lalu, apa bahaya dan efek samping MSG?
Menurut Russell Blaylock, penulis buku Excitotoxins – The Taste That Kills, MSG adalah excitotoxin yaitu zat kimia yang merangsang dan dapat mematikan sel-sel otak. Blaylock menyatakan bahwa MSG dapat memperburuk gangguan saraf degeneratif seperti alzheimer, penyakit Parkinson, autisme serta ADD (attention deficit disorder).MSG juga meningkatkan risiko dan kecepatan pertumbuhan sel-sel kanker. Ketika konsumsi glutamat ditingkatkan, kanker tumbuh dengan cepat, dan kemudian ketika glutamat diblokir, secara dramatis pertumbuhan kanker melambat. Para peneliti telah melakukan beberapa eksperimen di mana mereka menggunakan pemblokir glutamat  yang dikombinasi dengan pengobatan konvensional, seperti kemoterapi, dan hasilnya sangat baik. Pemblokiran glutamat secara signifikan meningkatkan efektivitas obat-obat anti kanker.
Berikut adalah beberapa efek samping dan gangguan spesifik yang berhubungan dengan MSG menurut Blaylock :
  • Kejang
  • Mual
  • Alergi
  • Ruam
  • Serangan asma
  • Sakit kepala
  • Mulut terasa kering
  • Hilang ingatan
Penggunaan MSG sebenarnya boleh saja, namun dengan porsi atau batas tertentu. Namun berapa batas maksimum penggunaannya agar tidak mengakibatkan efek samping belum jelas aturannya. Oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan bumbu alami yang tidak berbahaya. Karena selain sebagai penyedap rasa masakan bumbu alami juga digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan lho?
Selamat mencoba! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar