Jumat, 24 Agustus 2012

Tips pengaturan monitor yang sehat untuk mata

Tips pengaturan monitor yang sehat untuk mata
Bekerja dengan komputer atau laptop terlalu lama juga mempunyai efek kurang baik bagi kesehatan khususnya kesehatan mata kita. Sringkali kita mengalami keluhan pada mata ketika kita bekerja dengan komputer karena pencahayaan dan pengaturan tata letak monitor yang tidak sesuai. Untuk mengurangi keluhan pada mata tersebut, anda perlu melakukan beberapa tips pengaturan layar monitor berikut:
1. Kita harus meletakkan monitor sedemikian rupa di ruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan cahaya dari sumver cahaya lain. Misalnya kita tidak boleh meletakkan monitor yang menghadap ke jendela karena monitor akan memantulkan cahaya yang masuk lewat jendela. Kita juga tidak boleh meletakkan monitor menghadap ke lampu karena bila lampu dihidupkan monitor akan memantulkan cahaya monitor tersebut.
2.  Agar mata dapat membaca dengan nyaman, letakkanlah monitor lebih rendah garis horizontal mata. Dengan demikian, kita tidak perlu menengadah atau menunduk untuk melihat monitor.
3.  Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Warna yang terlalu terang akan menyebabkan mata silau sedangkan warna yang terlalu gelap akan menyebabkan mata sulit untuk membaca apa yang ditampilkan di monitor. Aturlah resolusi yang sesuai dengan kemampuan daya tangkap retina mata yaitu 960 x 60 pixel. Cara mengatur resolusi yaitu:
  • klik kanan di dekstop, pilih properties untuk windows xp dan personalisasi untuk windows 7
  • muncul kotak dialog, pilih setting
  • atur resolusi dengan menggeser kursor resolusi di 960 x 640 piksel
  • klik applai atau simpan
4.  Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga agarmata tidak kering. Sesekali kita dapat memandang jauh keluar ruangan. Kita juga dapat mengusap kelopak mata secara lembut dan memijat-mijat di sekitarnya untuk mengurangi ketegangan mata dan melancarkan peredaran darah ke mata.
Baca juga tentang komponen lain dari komputer yang perlu anda ketahui berikut:
perangkat input pada komputer
tombol-tombol keyboard dan fungsinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar