Minggu, 16 September 2012

Kohesi, adhesi, dan kapilaritas

Kohesi, adhesi, dan kapilaritas
Suatu zat tersusun atas partikel-partikel yang memiliki kemampuan gaya tarik menarik. Atas dasar prinsip gaya tarik menarik tersebut dikenala beberapa istilah berikut:
1. Kohesi
Kohesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel-partikel zat yang sejenis. Contohnya gaya tarik menarik antara molekul-molekul air, gaya tarik menarik antara molekul-molekul minyak.
2. Adhesi adalah gaya tarik menarik antar partiekl-partikel zat yang tidak sejenis. Contohnya gaya tarik menarik antara molekul air dengan molekul kaca, gaya tarik menarik antara molekul cat dengan moleku tembok.
3. Meniskus cekung
Meniskus cekung adalah permukaan air pada tabung rekasi yang berbentuk cekung akibat adanya kohesi ataupun adhesi
4. Meniskus cembung
 Meniskus cembung adalah permukaan raksa pada tabung rekasi yang berbentuk cembung akibat adanya kohesi ataupun adhesi

5.  Kapilaritas
Kapilaritas adalah peristiwa naiknya dan turunnya zat cair pada celah sempit atau pipa kapiler yang disebabkan oleh kohesi dan adhesi zat cair dan dinding pipa. kapilaritas sangat tergantung pada kohesi dan adhesi. Air naik dalam pembuluh pipa kapiler dikarenakan adhesi sedangkan raksa turun dalam pembuluh pipa kapiler dikarenakan kohesi. Contoh naiksnya minyak tanah pada sumbu kompor, naiknya minyak tanah pada sumbu lapu minyak, naik dan turunnya raksa pada pipa kapiler thermometer raksa, dsb.

Baca juga info menarik tentang sains berikut:
Perbedaan dan contoh perubahan fisika dan perubahan kimia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar