Kamis, 20 September 2012

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat
Pergantian musim adalah waktu yang rentan bagi penyebaran penyakit. Begitu juga saat musim hujan tiba, Bakteri dan virus penyebab penyakit khususnya penyakit yang cepat menular seperti flu dan batuk kerap kali menghinggapi kita. Jika kita sudah terkena penyakit, maka otomatis berbagai aktivitas akan terganggu. Bapak kurang fit untuk bekerja, si anak kurang berkonsentrasi untuk belajar dan lain-lain. Untuk menghindari hal ini yang harus kita lakukan adalah mencagahnya. Caranya? Kita harus menjaga daya tahan tubuh agar kita tetap sehat. Beberikut beberapa cara yang harus anda lakukan agar tubuh tetap sehap dan siap beraktivitas:
1.  Penuhi asupan vitamin C dengan mengkonsumsi sayur dan buah
Mengkonsumsi jus buah dan sayur bisa menambah asupan vitamin yang masuk kedalam tubuh kita apalagi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C, karena dengan mengkonsumsi vitamin C daya tahan tubuh kita terhadap penyakit menjadi lebih kebal sehingga kita tidak mudah sakit
Sayur dan buah kaya akan zat zat fitokimia yang membantu pemulihan tubuh setelah sakit. Vitamin, mineral, dan serat yang terkandung di dalam sayur dan buah berperan dalam proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Vitamin dan mineral ini juga berperan pentung dalam proses pemeliharaan dan penggantian sel sel tubuh.
Kandungan betakaroten pada sayur dan buah merupakan zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan jantung.
Vitamin C yang terdapat banyak pada buah, selain membantu penyerapan zat besi sayur dan buah juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Bagi pekerja keras selalu perhatikan pola makan dan sisakan waktu untuk istirahat secukupnya sehingga sistem metabolisme tubuh kita bisa refres kembali.

2.  Berolah raga secara teratur untuk melancarkan peredaran darah dan pertumbuhan sel-sel tubuh
Banyak gerak bukan berarti Anda dapat absen berolah raga. Jadilah anggota tetap sebuah pusat kebugaran dekat kantor. Aturlah waktu setidaknya 1-2 kali seminggu untuk berolah raga. Jenisnya bisa Anda pilih sesuai minat, bisa berenang, tenis atau aerobik.

3. Istirahat yang cukup
Tubuh kita bukanlah mesin. Bagian tubuh yang selalu aktif berkontraksi saat beraktivitas yaitu otot juga akan mengalami kelelahan yang bisa menyebabkan kram dan daya tahan tubuh menurun. Siapkan waktu beberapa jam untuk bersistrahat.

4. Jagalah kebersihan lingkungan anda
Menjaga kebersihan lingkungan adalah hal utama yang juga harus diperhatikan karena penyakit akan bermula dan lingkungan yang kotor dan tidak nyaman. Seberapa besar daya tahan tubuh anda tidak akan sanggup menahan wabah penyakit akibat lingkungan yang tidak bersih.

5. Minum air putih yang cukup
Air adalah zat penetral dalam tubuh. Usahakan setiap pagi untuk mengkonsumsi air hangat. Air hangat dieprcaya dapat merangsang pertumbuhan sel yang merupakan bagian pertahanan tubuh anda selain mencegah anda dari dehidrasi. Minumlah minum air putih, paling tidak 8 gelas sehari.

6.  Mengelola stres dengan baik
Jika mampu mengelola stress dengan tepat maka akan terhindar dari dampat negatif stress contohnya, susah tidur, berkurangnya nafsu makan, dan lain-lain.


Baca juga tips kesehatan lainnya berikut:
Cara merawat rambut kering dan kusam
Cara merawat wajah sesuai dengan jenis kulit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar