Selasa, 08 Mei 2012

Wasir dan cara pencegahannya

Semua orang pasti butuh info tentang kesehatan karena tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak pernah sakit. Berikut saya ingin berbagi info kesehatan kepada anda semua.
Jika anda pernah mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus atau anda merasa ada ganjalan pada anus ketika BAB sehingga anda akan ngeden / mengejan lebih kuat, maka itu merupakan gejala awal dari suatu penyakit yang disebut wasir.
Apa sebenarnya wasir itu?

Wasir, atau sering disebut ambeien (dalam bahasa Inggris atau Latin disebut Hemorrhoid dan dalam bahasa kedokteran disebut Piles) adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan. Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akibat konstipasi) dan dapat terjadi juga pada wanita hamil. Tetapi umumnya, penyebabnya adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri, juga lebih rawan terjadi pada wanita daripada pria. Itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena (misalnya saat menstruasi atau hamil) dibandingkan pria.
Derajat keparahan dibagi menjadi empat tingkat. Tingkat pertama adalah tetap berada di dalam rectum namun berdarah saat BAB. Tingkat ke-dua, terdorong keluar dari rectum sat BAB lalu masuk dengan sendirinya. Tingkat ke-tiga juga wasir yang terdorong keluar namun Anda harus memasukkannya sendiri ke dalam rectum setelah BAB. Tingkat ke-empat adalah yang terdorong keluar dan menetap di luar rectum sehingga Anda tidak bisa mendorongnya kembali ke dalam.
Tingkat ke-empat ini biasanya akan terasa gatal dan sakit, dan terjepit (stranggulasi) sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.
Adapun eksternal (berada di luar rectum) lebih mudah terdeteksi karena pembengkakan pembuluh darah terjadi pada kulit anus dan berwarna biru. Ini bisasanya terasa gatal dan/atau menyakitkan karena kulit anus memiliki jaringan saraf.

Cara Pengobatan Wasir
Cara pengobatan wasir dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya:
1.  Melakukan operasi
cara ini merupakan cara yang paten, namun sebagian besar orang merasa ngeri ketika mendengar kata operasi karena kata ini mempunyai hubungan kekerabatan yang sangat dekat dengan rasa sakit.
2. Metode non operasi
Jangan frustasi jika Anda menderita wasir karena operasi bukan satu-satunya solusi. Bahkan operasi sebisa mungkin dihindari karena ada kendala misalnya penggunaan anastesi. Resiko komplikasi juga lebih besar dengan operasi. Dokter-dokter yang menangani wasir di Amerika Serikat dan negara maju lainnya lebih mengutamakan penyembuhan tanpa operasi.
 
wasir/ambeien tanpa operasiPenyembuhan tanpa operasi terpopuler saat ini adalah metode Barron yang menjepit wasir dengan karet khusus sehingga menghentikan aliran darah. Wasir akan terlepas dengan sendirinya dalam waktu sekitar satu minggu.
 
Ada dua macam metode tersebut, yaitu barron lama (kuno) dan mutakhir. Metode barron mutakhir menggunakan penyedot vakum untuk menarik wasir sampai ke dasar dinding rectum sebelum karet gelang khusus dipasang pada wasir sehingga menjamin keberhasilan terapi yang tinggi tanpa luka atau resiko infeksi. Sebaliknya, metode Barron kuno menarik wasir dengan pinset sebelum dipasang karet gelang khusus, sehingga menyebabkan rasa nyeri yang hebat karena terjadi luka atau pembuluh darah pecah saat dijepit dan ditarik pinset. Penanganan dengan sistem barron mutakhir lebih ekonomis, berlangsung singkat, dan pasien dapat segera beraktivitas seperti biasa seusai tindakan. Semua stadium wasir dapat disembuhkan dengan metode ini. Namun penyembuhan stadium ke-empat dengan metode barron hanya dapat dilakukan selama tidak ada komplikasi seperti tumor, polyp besar, dan kanker rectum yang harus dirujuk ke rumah sakit.
 
Metode penyembuhan tanpa operasi lainnya adalah sclerotherapy. Itu adalah penyuntikan (injeksi) wasir dengan cairan kimiawi (sclerosant) yang mengeraskan pembuluh darah vena agar aliran darah menju wasir berhenti. Wasir akan menyusut dan terlepas dalam tujuh hingga sepuluh hari setelah injeksi. Negara-negara maju sudah tidak menggunakan sclerotherapy karena resiko infeksi dan komplikasi yang menyebabkan kerusakan rectum seperti penyempitan lubang dubur sehingga harus dikoreksi dengan pembedahan. Bahan sclerotherapy juga beresiko menyebabkan reaksi alergi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar