Rabu, 15 Agustus 2012

Penyedap rasa alami

Memasak adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan kita sehari-hari terutama kaum hawa, karena memang makan adalah kebutuhan pokok manusia. Untuk mengolah makanan, kita tidak pernah lepas dari yang namanya bumbu. Ya, bumbu merupakan komponen penambah rasa pada masakan.Berbagai macam rasa yang kita inginkan tersedia pada bumbu masakan. Untuk rasa asin kita biasanya menggunakan bumbu alami yaitu garam, rasa pedas kita menggunakan cabe, asam kita gunakan buah asam atau cuka, rasa manis kita menggunakan gula, namun untuk rasa gurih kita biasanya menggunakan bumbu kimia yang dikenal dengan MSG. Tahukah anda MSG berbahaya bagi kesehatan?
kita bahkan sangat bergantung dengan penyedap rasa buatan pabrik ini . Namun jangan panik dulu, karena ada bumbu alami lain yang bisa menggantikan peran dari bumbu pabrik ini sebagai penyedap rasa masakan anda: Apa itu?
1. Potongan ikan ikan laut
jika di lemari es masih ada potongan ikan segar atau bahkan sisa ikan tadi malam yang tidak habis disantap keluarga, ambil saja sedikit potingan ikan tersebut, buang  durinya kemudian dilumatkan kasar atau halus sesuai selera. Tambahkan racikan ini sebagai pengganti penyedap rasa buatan pabrik. Hasilnya tidak kalah gurih  dengan penyedap rasa instan.

Tidak percaya? Silahkan mencoba sekarang dan rasakan sensasi yang luar biasa di lidah.

2. Tempe
Jika tidak ada ikan, tempe juga bisa menjadi penyedap rasa alami yang dapat diandalkan. Selain sehat, tempe juga sudah terbukti sebagai sumber protein dan kalsium yang tinggi. Sebab tempe terbuat dari bahan dasar kacang kedelai yang difermentasikan. Jika Anda ingin membuatnya sebagai penyedap rasa maka sebaiknya ambil tempe yang belum diolah atau belum diberi bumbu apa pun. Cukup Anda potong-potong kecil tempe segar ini. Nah, tumisan kangkung  atau tumisan aneka sayuran lainnya jadi gurih sekali. Jangan lupa masakannya tambahkan bubuk lada putih halus.

3. Lada putih dan garam
Campuran lada putih dan garam menghasilkan rasa gurih yang alami. Sediakan selalu campuran perpaduan bahan ini dalam stoples kaca atau plastik. Perbandingannya adalah satu banding satu, misalnya satu mangkuk kecil lada dan satu mangkuk kecil garam. Campurkan dua bahan jadi satu dan masukkan dalam wadah bersih dan kering. Jadilah penyedap rasa alami yang sehat, mudah dan paktis. Gunakan campuran ini sebagai penyedap rasa. Sayur asam menjadi tambah gurih jika pakai penyedap rasa jenis ini.

4. Tomat merah
Irisan tomat merah segar adalah penyedap rasa alami yang luar biasa.

5. Terasi
Bagi Anda yang suka terasi, ini merupakan kekayaan penyedap rasa tradisional yang kita miliki. Terasi umumnya terbuat dari udang atau ikan yang dihaluskan bersama garam. Selain untuk menyedapkan sambal, saya pernah mencoba, ternyata terasi sangat gurih jika ditambahkan ke dalam sup ayam atau daging. Bisa juga untuk tumisan aneka sayuran misalnya tumis kangkung, kacang panjang, tumis bayam, tumis brokoli, tumis sawi, labuh siam, nasi goreng, dan tentu saja sayur lodeh serta sayur asam.

6. Gula
Ada juga sebagian orang yang menggunakan gula sebagai penyedap, katanya cukup sejumput atau satu sendok teh. Namun bagi saya cita rasa gurih yang dimunculkannya belumlah kuat. Saya biasanya menambahkan lagi dengan sentuhan penyedap lain berupa campuran lada-garam.

Bumbu atau penyedap rasa alami tidak hanya sebagai penyedap rasa, tapi juga bermanfaat ganda untuk masakan ikan laut yaitu menghilangkan bau amis pada ikan.
Selama mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar