Selasa, 16 Oktober 2012

rantai makanan, jaring2 makanan, simbiosis dan predasi

Dalam sebuah ekositem  terjadi beberapa interaksi antara makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup yang lainnya, interaksi terebut berupa rantai makanan, jaring-jaring makanan, simbiosis komensalisme, mutualisme, parasitisme dan predasi.

1.  Rantai makanan
Peristiwa makan dan dimakan (perpindahan energi) antara makhluk dalam suatu ekosistem. Contoh: Rumput dimakan oleh belalang, belalang dimakan oleh katak, katak dimakan oleh ular, ular dimakan oleh elang, dan elang diuraikan oleh pengurai (mikroorganisme).

2. Jaring-jaring makanan
Jaring-jaring makanan adalah gabungan dari rantai-rantai makanan yang tumpang tindih dalam ekosistem. Jaring makanan ini biasanya digambarkan dalam sebuah bagan seperti pada contoh dibawah ini:
rantai makanan, jaring2 makanan, simbiosis dan predasi

Dalam sebuah jaring-jaring makanan, dikenal istilah-istilah berikut:
a.  produsen adalah makhluk hidup yang menyediakan sumber energi (makanan) karena mampu membuat makanannya sendiri. Contoh tumbuhan hijau seperti padi.
b.  konsumen I adalah makhluk hidup yang pemakan tumbuhan contoh: belalang, tikus

c.  konsumen II adalah makhluk hidup yang memakan konsumen I contoh : ular
d.  konsumen III, adalah makhluk hidup yang memakan konsumen II contoh elang
e.  pengurai yaitu mikroorganisme yang menguraikan jasad konsumen ke III contohnya bakteri

3.  Simbiosis mutualisme
adalah interaksi antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan. contoh: manusia dengan bakteri pada usus manusia, kerbau dengan burung jalak

4. Simbiosisi komensalisme
yaitu interaksi antara dua makhluk hidup dimana yag satunya mendapat keuntungan dan yang lainnya tidak dirugikan. conth ikan remora dengan hiu.

5. Parasitisme
yaitu interaksi antara dua jenis makhluk hidup, dimana salah satunya mendapat keuntungan dan yang lainnya dirugikan. contoh: benalu dengan inangnya, virus pada manusia dan hewan

6. Predasi
yaitu peristiwa memangsa dan dimangsa oleh hewan yang satu ke hewan yang lainnya. pemangsa disebut dengan predator biasanya membunuh hewan yang dimangsa atau dimakannya. hewan yang termasuk predator diantaranya: harimau, buaya, komodo,dll 

Baca juga artikel sains berikut:
ciri dan struktur tubuh virus

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar