Minggu, 08 April 2012

Kiat Sukses di Hari UN SMP 2012

Kiat Sukses di Hari UN SMP 2012


Ujian Nasional (UN) SMP tahun 2012 tinggal hitungan hari lagi. Saya yakin adik-adik pasti sudah belajar untuk menghadapinya. Nah, persiapan materi barangkali sudah kita lakukan namun banyak adik-adik yang berlabel putih biru menjadi deg-degan atau belum siap secara mental (psikis) dalam menghadapi UN. Sebagian besar dari siswa seakan mendadak menderita sindrome jantung berdetak lebih kencang atau bumi berputar lebih kencang ketika mendekati atau saat hari "H" UN dilaksanakan. Sudah barang tentu kondisi tersebut dapat menggangg/menghambat kesuksesan adik-adik menjawab soal UN. Diperlukan ketenangan secara mental dalam menghadapi UN yang sebentar lagi tiba, Oleh karena saya ingin berbagi beberapa kiat sukses di hari UN SMP untuk adik-adik berikut:
1. Setelah adik-adik belajar dengan giat sebelumnya dengan tips dan trik lulus UN 2012, maka saatnya anda mendekatkan diri kepada Tuhan. Mintalah ketenangan hati kepada-Nya dalam mengerjakan soal-soal UN karena Dialah pemilik hati yang sesungguhnya. caranya? Usahakan agar anda bangun sekitar pukul 03.00 dini hari untuk shalat Tahajjut, setelah shalat mohonlah ketenangan hati padaNya. ini memang berat, tetapi tidak ada yang berat dalam hidup jika kita mau berusaha untuk kebaikan.
2. Jaga kesehatan dengan berolah raga ringan di pagi hari sembari menyiapkan perlengkapan mengahadapi ujian (pensil, penghapus, alas, penggaris, dan kartu peserta) jangan sampai lupa ya, karena ini juga akan mengganggu kesiapan anda secara psikis mental). Kalau anda penyuka teh, maka sempatkan diri untuk minum teh hangat untuk menyegarkan pikiran anda.
3. Berdo'alah ketika anda keluar dari rumah, mudah-mudahan tidak ada halangan dan rintangan dalam perjalanan ke tempat ujian.
4. Berikan sugesti (motivasi positif) pada diri anda bahwa anda pasti bisa mengerjakan soal itu dengan benar, karena soal-soal yang anda hadapi adalah soal-soal yang pernah anda pelajari. Tanamkan di hati anda bahwa nama anda tercantum sebagai salah satu siswa yang mendapatkan predikat lulus pada tahun 2012.
5. Yang paling baik dalam mengerjakan soal adalah menganalisa dan mengkategorikan soal menurut kemampuan kita. Jika dirasa soal itu sulit maka lewatkan dulu, dahulukan soal yang dianggap mudah agar anda tidak merasa terbebani untuk mengerjakan soal. Jangan terburu-buru, periksa kembali identitas anda sebelum anda menyerahkannnya.

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan untuk adik-adik. semoga bermanfaat dan sukses dalam ujian nasional tahun ini. Jika adik-adik penyuka musik, maka adik-adik bisa mendengarkan lagu iwak peyek yang mungkin bisa memberi semangat untuk mengikuti UN. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar